Beranda ARTIKEL BERITA Tiga Hari Menjadi Pengawas Ujian

Tiga Hari Menjadi Pengawas Ujian

0

Karena malam ini sebenarnya tak ada mood untuk mencoret-coret di blog ini, maka saya berpikir sejenak lalu memutuskan untuk mengisahkan saja kisah tentang pengalaman menjadi pengawas ujian di sebuah SMA di tempat tinggalku….Nama SMA itu SMA Negeri 1 Fatuleu.

wooke…lets go!…
Sebenarnya saya tidak terpilih dan ditugaskan oleh lembaga tempat saya mengabdi untuk menjadi pengawas di SMA tersebut, yang terpilih dan ditugaskan adalah Isteri tercintaku. Namun karena istri tercintaku yang juga adalah guru di lembaga yang sama, mempunyai halangan yaitu menjadi pengawas khusus buat anak kami yang masih nol tahun, maka saya langsung menjadi pengganti…..hehehe….di hari pertama…daftar nama pengawas…semuanya masih atas nama isteriku…ketika ada teman pengawas yang mencari..nah lu…nama perempuan kok yang datang laki-laki…

Hari pertama berjalan tanpa ada hambatan dan rintangan yang menghalang dalam proses pelaksanaan ujian bagi siswa-siswi berseragam putih abu-abu itu. Selesai untuk dua mata pelajaran…kami, semua pengawas,,,seteah menyantap makan siang, kembali ke rumah masing-masing dan akan kembali di esok harinya lagi untuk mengawasi anak-anak sekolah ini lagi.

Hari kedua mulai muncul masalah…..Ruang ujian tempat saya mengawas..kekurangan naskah soal. kok bisa ya? dan itu untuk mata pelajaran Matematika. Jumlah seharusnya adalah 20 naskah…yang tersediah di dalam amplop yang tersegel itu hanya enam belas eksemplar….lah lah…….pusing tujuh keliling…saya pun menarik kembali enam belas lembar soal itu, dan melaporkan kepada panitia terkait masalah ini.
Panitia memutuskan untuk memperbanyak naskah yang ada…sebanyak jumlah kekurangan…..ujian sempat tertunda untuk beberapa menit..pokokya suasana jadi tidak tenang lagi…sebab ada siswa yang tidak terima karena tak kebagian naskah soal….sabar ya nak……..

Setelah panitia memperbanyak soal itu…..ujian kembali dilanjutkan….semuanya aman……

seperti kemarin..hari ini kami juga disediakan menu makan siang yang lumayan spesial…makan kenyang dan pulang….

Hari ketiga…tidak seperti hari kedua….namun tetap ada hiruk pikuknya……. Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di hari ketiga ini…setiap ruangan, oleh panitia disediakan seperangkat komputer lengkap dengan speaker aktif kecil dan CD berisi file audio yang digunakan sebagai media listening (mendengarkan)….soal dibacakan dari media terebut…..disini saya merasa miris….

Banyak ruangan yang tersendat karena file yang dibuka tidak bisa mengeluarkan suara……pokoknya rame deh!….akan tetapi berkat kerja keras panitia…beberapa menit kemudian masalah tersebut teratasi..ujian dilanjutkan dengan normal….

oh iya…SMA Negeri 1 Fatuleu terdiri dari enam belas ruang ujian yang menguji sekitar 200-an siswa dari tiga jurusan masing-masing Ipa, IPS dan Bahasa….

demikian kisah kecilku hari ini…salah

KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini