ARTIKEL BERITA

SMA NEGERI 1 Fatuleu Tentukan Peminatan Siswa Lewat Psiko Tes

Oelamasi, matatimor – SMA Negeri Fatuleu, Kec. Fatuleu, Kab. Kupang sebagai salah satu sekolah piloting atau percontohan pelaksanaan K13 (Kurikulum 2013) di Kab. Kupang, pada tahun pelajaran 2016/2017. Sebagai salah satu bentuk penginplementasian kurikulum baru tersebut, maka dilakukan penentuan peminatan siswa melalui tes psikologi.
Kegiatan Tes tersebut berlangsung sehari pada Kamis 14 Juli 2015, bertempat di SMA Negeri 1 Fatuleu.
Kepala SMAN 1 Fatuleu, Drs. Ambrosius Pan, ketika ditemui di ruang kerjanya memastikan hal tersebut.
Menurut Drs. Ambros, pelaksanaan tes ini mengacu pada apa yang ada dalam struktur Kurikulum 2013.
“pelaksanaan tes untuk menentukan peminatan ini merupakan implementasi dari k13. Kalau tahun-tahun sebelum, kita (sekolah) menentukan peminatan hanya berdasarkan nilai yang ada dalam raport, maka tahun ini kita datangkan tim Khusus dari Kupang untuk menentukan peminatan melalui tes psikologi. Ini artinya sekolah tidak berwewenang untuk mengintervensi pembagian peminatan” jelas Drs. Ambros
Drs Ambros yang sudah menjabat Kepala Sekolah untuk periode kedua mengharapkan, dengan adanya tes seperti ini, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
 Terkait dengan akurasi tes yang diselenggarakan, Drs. Ambros menyatakan “tim yang kita datangkan ini adalah Tim yang biasanya melakukan tes di sekolah-sekolah favorit di kota Kupang, sehingga untuk ketepatan penentuannya, kita yakin bahwa akan sesuai dengan kemampuan siswa” ungkapnya optimis
Masih Menurutnya, Tes Psikologi yang dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis ini, masih dilakukan pemeriksaan oleh tim di Kupang. Setelah hasilnya sudah ada dan dikirim kesekolah, barulah pihak sekolah melakukan pembagian kelas sesuai hasil tes psikologi tersebut. (del)

KOMENTAR ANDA

komentar

Tags
Baca Selengkapnya

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Nonaktifkan Javascript Anti Iklan Anda :)
%d bloggers like this: