Beranda ARTIKEL BERITA Perubahan Diri Perlu Ketegasan!

Perubahan Diri Perlu Ketegasan!

0

Malam ini… jemariku tak begitu lincah untuk menari-nari di atas papan hitam berlabel huruf putih. Kebengongan adalah penghalang utama. Sunyinya malam pun tak mampu menuntunku menemukan ide brilian. Kehadiran ide yang brilian dapat kujadikan judul tulisan yang mungkin saja mantap. Mantap bagi saya dan kalau boleh mantap bagi setiap orang yang sempat membacanya.
…selamat malam sobat. Kehadiran saya disini bukan untuk mengisahkan diri, orang kupang bilang carita tinggi, saya pastikan bahwa saya hanya ingin berbagi pengalaman hidup sekaligus mengasah kemampuan dalam menulis. Sebagai seorang sarjana Bahasa Indonesia, sudah cukup teori yang saya pelajari saat masih duduk di bangku kuliah dulu. Banyaknya teori-teori tersebut seperti baru mulai bergelora sekarang ini saat saya menjalankan profesi sebagai seorang guru.
Banyak orang yang meski tak kuliah khusus jurusan bahasa Indonesia mampu menulis dengan baik dan teratur. Kenapa saya yang adalah ahlinya (sarjana kan…) kok sulit sekali merangkai kata dan berlanjut ke kalimat yang sambung menyambung menjadi satu paragraph dan terus menjadi artikel? Tanya kenapa?
Saya menyadari kelemahan itu. Bahwa disini kita bisa berkata bahwa teori, tempat kuliah, dan fasilitas penunjang lainnya bukan menjadi patokan kemajuan seseorang, selagi kita punya kemauan yang kuat tentu jalan selalu menanti kita di depan. Ketika masih kuliah dulu..jujur-jujur saja saya lebih banyak melakukan copy paste, kalau ada tugas seperti menulis makalah dan lain sebagainya….nah…jadilah begini… sarjana copy paste. Tak mampu menuangkan ide kedalam bentuk tulisan yang terstruktur. Pola pikir meloncat-loncat bagai seorang remaja labil… ini masalah! Dan masalah ini membuatku menyesal….sesal itu akan selalu dating di akhir….sakitnya tuh disini,…….
Tidak mungkin saya harus kembali menjadi mahasiswa lagi (kan?)… ingat umur loh…. Kalaupun berkesempatan untuk menjadi mahasiswa tentu sudah satu tingkat lagi di atas itu. Dan mungkin saja kekesalan itu akan terus menghantui.bahwa kenapa dulu aku terlalu memboroskan waktu, terlalu membiarkan masa-masa belajarku begitu saja…ah..sudahlah… sekarang yang ada adalah segera bangkit dan memperbaiki diri, mencoba melangkah dari tempat ini, meninggalkan segala kemalasan yang senantiasa merusak diri…ciyuuuusss….
Kebobrokan dan kemalasan pada diri sendiri akan terus tumbuh subur bilamana kita tak ingin merubah diri. Perubahan diri akan nampak jika lagi-lagi adanya kemauan dan prinsip hidup yang tegas. Tegas terhadap diri sendiri itu gampang-gampang susah. Terhadap seorang anak kecil begitu gampangnya kita tegas, diri sendiri belum tentu. Saya sendiri mencoba berhenti merokok, ketika malam tiba dan akan segera tidur, tekat saya mulai malam ini saya tidak merokok…ah keosokan harinya terulang lagi kebiasaan buruk itu. Saat harsat keburukan itu mulai hadir… ketegasan terhadap diri sendiri seperti tak ada artinya lagi….
adalah saya dengan kebiasaan buruk saya…MEROKOKOKOKOKO
Ini tentu berat sobat…..
Saya selalu mencoba untuk memperbaiki diri. Belajar lebih banyak hal baru. Atau paling kembali melihat-lihat pelajaran dan ilmu-llmu sederhana yang pernah dipelajari saat masa sekolah. Oh…hal-hal kecil itu ternyata punya pengaruh besar di dalam kehidupan kita sehari-hari. Yah… saya tentu tidak bisa menyalahkan orang tua saya…lebih-lebih menyalahkan guru-guru saya semasa sekolah dulu. Saya sadar bahwa dulunya saya ini seorang anak yang bandel dan saya bisa membandingkan diri saya dengan anak didik saya sekarang… haduuuh..pokoknya pusiiing….
Baiklah sekarang kita mencoba merubah diri kita, sebab belum ada kata terlambat untuk sebuah perubahan. Belajar tak kenal usia..selagi kita mau..selalu saja ada jalan…… woookeeee

KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini