Beranda ARTIKEL BERITA Ini Makna Tali Toga Dipindah Saat Wisuda

Ini Makna Tali Toga Dipindah Saat Wisuda

0
Menjadi wisudawan /wisudawati adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Saat-saat yang dinanti-nantikan itu tiba, maka segala beban dan suka duka selama menjalani proses sebagai mahasiswa akan berakhir sudah.
Selamat datang di dunia luar….

sumber : okezone.com

Tahukah anda?
Dalam setiap acara wisuda, momen yang paling  ditunggu-tunggu adalah ketika satu per satu peserta wisuda dipersilahkan maju untuk dilakukan acara pemindahan tali toga. Tali toga yang sebelumnya berada di samping kiri, kemudian oleh rektor kampus, dipindahkan ke samping kanan. 

Makna dari pemindahan tali toga tersebut adalah, selama menjadi mahasiswa seseorang cenderung menggunakan otak bagian kiri, yang menggambarkan kemampuan dalam mengingat atau menghafal. 
Dengan dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan, maka diharapkan para wisudawan setelah lulus ini menggunakan otak bagian kanan. Otak bagian kanan sangat berhubungan imajinasi, kreativitas dan inovasi seseorang. Sarjana yang diwisuda pada saat terjun di dunia usaha atau dunia kerja, akan menemui persoalan-persoalan yang dinamis ketimbang masih berada di dunia kampus. (dari berbagai sumber

KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini