Beranda ARTIKEL BERITA Ini Langkah-langkah Mengerjakan Laporan BOS dengan Aplikasi Alpekabos

Ini Langkah-langkah Mengerjakan Laporan BOS dengan Aplikasi Alpekabos

4

Karena masih banyak sekolah yang kewalahan dan sampai awal tahun belum juga memasukkan laporan pertanggungjawaban tahun sebelumnya (2016) maka berikut akan saya bagikan langkah-langkah mengerjakan Laporan Pertanggungjawaban Dana Bos dengan menggunakan aplikasi wajib 

ALPEKA BOS namanya.


semoga bermanfaat…kalau tidak bermanfaat anggap saja ini hoaxxxx


oke..mari kita mulai…


ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi  berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah.  Aplikasi ini  dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. 

Pertama-tama kalau belum punya aplikasinya (alpeka_BOS_TS-11b.xlsm) silahkan diunduh dulu disini
kalau sudah selesai unduh, buka aplikasinya dan akan muncul seperti gambar ini



Klik option, lalu enable untuk mengaktifkan macro sehingga akan muncul pesan seperti dibawah ini, silakan tutup saja dengan menekan tombol cloce (tanda silang)
Aplikasi akan menyarankan agar anda melakukan setting Regional and Langguage menjadi format Indonesia (cirinya pemisah ribuan pada excel menggunakan titik, bukan koma). Jika sudah silakan klik tombo keluar


Aplikasi terbuka dan siap untuk digunakan. Ada tiga menu utama yang harus anda kerjakan terlebih dahulu yaitu :
– Data Umum
– Program Sekolah
– Dan Generate



DATA UTAMA

Menu ini untuk melakukan input data dari sekolah anda. Yang harus anda isi adalah tahun anggaran, nama sekolah, NPSN, NSS, jumlah siswa, alamat, nama kelala sekolah, NIP kepala sekolah, nama komite dan nama bendahara. Menu ini harus diisi dengan data yang benar-benar valid.


Menu Program Sekolah

Di sini maka anda harus menentukan progam yang akan diselenggarakan oleh sekolah. Sudah ada nama-nama program sekolah, yang perlu anda lakukan hanya memilih Ya atau Tidak pada program tersebut dan disesuikan akan dimasukkan pada item apa (item yang 13)

Menu Generate

Menu ini menghasilkan data excel yang berisi 4 sheet dan akan dijadikan sebagai sumber data dalam pembuatan laporan BOS. Silakan simpan hasil generate pada folder yang mudah diingat, sehingga dikala dibutuhkan nanti tidak susah mencarinya.



Mengisi Data
Langkah selanjutnya silakan anda buka file hasil generate. Ada 4 sheet yang harus anda isi yaitu :


sampai disini….silahkan anda mengisi semua kuitansi pembelanjaan pada sheet realisasi keluar, dan rencana keluar, untuk pemasukan / pendapatan, isi di sheet realisasi terima dan rencana terima….



Cara Cetak Laporan BOS Dengan ALPEKA

Langkah slanjutnya setelah mengisi database adalah melakukan pencetakan semua format laporan BOS. Perlu anda ketahui bahwa sumber data yang digunakan pada tahap ini adalah data hasil generate yang sudah anda isi. Sheet rencana terima dan rencana keluar akan dijadikan sebagai sumber data pembuata format BOS K1 dan K2 sedangkan sheet realisasi terima dan relisasi keluar dijadikan sebagai sumber data format BOS K3 dan K4. Sedangkan untuk format BOS K5 (Pembantu Bank) dan K6 (Pembantu Pajak) mengelompokan data yang masuk dalam transaksi bank dan pajak pada data generate secara otomatis.

Begitu juga dengan format BOS K7 (Realisasi Belanja Per Item) juga akan mengambil data dan menyusunya secara otomatis sampai pada rekap pengeluaran (format BOS K7a) yang dijadikan sebagai acuan laporan BOS online, juga disusun secara otomatis.

Untuk mencetak laporan BOS, silakan format laporan BOS yang anda inginkan sehingga akan muncul seperti ini.


Pilih format BOS yang akan dicetak. Tentukan sumber dana (BOS Pusat), tentukan periode, tentukan tahun anggaran, tentukan triwulan, tentukan bula dan tanggal (silakan sesuaikan dengan format laporan yang akan dicetak apakah laporan bulanan atau laporan triwulanan). Untuk laporan BOS K3 – K6 dibuat laporan perbulan sedangkan laporan BOS K7 dibuat per triwulan.

Pilih Sumber Data dengan cara klik Browse, pilih atau klik data hasil generate yang sudah anda isi dengan data-data sekolah dan data transaksi. Terakhir silakan klik Cetak Laporan. Tunggu beberapa saat, microsoft excel akan bekerja secara otomatis menyusun laporan BOS yang anda inginkan. Lamanya penyusunan tergantung pada banyaknya transaksi yang ada pada data hasil generate. Saya sarankan anda tidak melakukan kegiatan apapun selama aplikasi menyusun laporan BOS secara otomatis. Hal ini agar proses penyusunan laporan tidak terganggu.

sampai disini saya kira cukup jelas…kalau belum jelas hubungi saya via komentar di bawah ini / via facebook. saya siap membantu dengan sukarela!



KOMENTAR ANDA

0 komentar

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini