Beranda ARTIKEL BERITA Etimologi Nama Timor

Etimologi Nama Timor

0

Adabeberapa kemungkinan untuk menjelaskan nama “Timor”.

Pertama Timor diduga berasal dari kata bahasa Latin yang berarti: Ketakutan. Dalam kaitan dengan sebutan atau arti kata Timor ini, maka diduga pula bahwa kelompok penduduk pertama yang bertemu dengan orang asing (Eropa) menunjukan rasa takut yang berlebihan, sehingga mereka tidak mampu menjawab pertanyaan pendatang tersebut tentang nama pulau mereka.

Bertolak dari pengalaman tersebut, maka orang asing itu memberi nama “timor” kepada pulau yang penduduknya takut.  

Kedua,Ada sementara orang mengatakan bahwa nama sesungguhnya dari pulau ini bukan timor melainkan timur.

Mengapa disebut timur? Dikatakan bahwa kata timur dalam salah satu bahasa asing mengandung pengertian “kuning”.

Berdasarkan kesimpulan sementara boleh dibenarkan nama dengan pengertian tersebut, karena di daratan Timor tumbuh sejenis pohon (Orang Dawan menyebutnya: Hau molo’) yang bagian intinya berwarna kuning dan termasuk salah satu bahan perdagangan yang dicari orang-orang asing khususnya Eropa dan Asia.  

Ketiga, masih berkaitan dengan nama dan sebutan Timur. Penggunaannya di sini berkaitan dengan letak geografis, yakni di belahan paling timur. Nama ini terpaksa digunakan untuk menyebut pulau tersebut yang diduga belum mempunyai nama yang sesungguhnya.

Nama ini kemudian menjadi terkenal di dalam berbagai tulisan Eropa, karena di pulau ini tumbuh dan berkembang tumbuhan cendana, yang kayunya sangat dicari oleh para pedagang dunia Eropa dan sebagian Asia.

Nama timur juga sering digunakan oleh orang-orang asli kalau  mereka mengungkapkan identitasnya sebagai orang timor.

Hal ini bisa dilihat dalam ungkapan berikut: ‘Hai atouen tiumre’ yang artinya: kami orang timur. Untuk pikiran ini kami memilih untuk menggunakan ungkapan pulau Timor bukan pulau Timur.

KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini