Beranda ARTIKEL BERITA Cara Menulis Tanpa Mengedit

Cara Menulis Tanpa Mengedit

0


Suatu ketika, Anda mnenyempat kan diri menulis untuk mengupdate blog Anda. Setiap kata dan kalimat yang Anda tulis Anda perbaiki agar tulisan Anda sempurna. Hasilnya? Dalam satu jam Anda hanya mampu menulis dua paragraf (sekitar seratus kata), padahal waktu Anda terbatas karena Anda harus bekerja lagi atau waktu sudah terklalu malam sehingga Anda harus tidur.

Penyebab Anda hanya bisa menulis seratus kata dalam satu jam tersebut adalah Anda menulis dengan mengedit. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan teknik menulis tanpa mengedit. Dua trikya sebagai berikut:

#1. Jangan menekan tombol backspace

Saat menulis, upayakan Anda jangan menekan tombol backspace pada keyboard komputer atau laptop Anda. Tak peduli tulisan Anda banyak salah ketik, Anda terus saja menulis. Tidak peduli kalimat Anda sesuai tata bahasa Indonesia yang baku, terus saja menulis.

#2. Tulislah apa yang ada di kepala Anda

Kombinasikan trik ke satu itu dengan menulis apa yang muncul di kepala Anda. Jangan pedulikan apakah yang Anda tulis itu benar. Jangan hiraukan apa yang Anda tulis itu sudah sesuai dengan gagasan pokok tiap paragraf. Jangan berpikir paragraf yang Anda buat sudah pada nyambung. Pokoknya, tuliskan semua yang ada di kepala Anda sampai habis. Dengan kata lain, tuliskan semua ide atau apapun yang berkaitan dengan topik yang Anda  sampai habis jumlah kata yang Anda inginkan, misalnya 500 ata.

Mengapa hal ini harus Anda lakukan?

Karena menulis adalah kegiatan yang menggunakan otak kanan. Banyak yang bilang bahwa otak kanan adalah kreativitas. Oleh karena itu, kreatiflah Anda dalam menulis dengan otak kanan Anda.

Bila jumlah kata yang Anda inginkan sudah tercapai atau semua ide yang ada di kepala Anda sudah dikeluarkan semua, berhentilah menulis selama lima menit. Dalam kurun waktu itu, Anda bisa menelepon teman Anda, membuat teh hangat, baring-baring di kursi, menonton TV, pergi ke toilet, atau yang lainnya.

Setelah lima menit, edit tilisan Anda tersebut. Pada tahap ini Anda menggunakan otak kiri Anda yang kerjanya berdasarkan sistem logika (benar salah). Baca kembali satu-persatu kalimat yang Anda tulis. Apakah ada kesalahan ketik? Apakah ada kata yang tidak baku? Apakah tiap kalimat nyambung? Apakah gagasan pokok tiap paragraf sudah ada? Apakah semuanya sudah baik?

Bila belum, perbaiki semua itu. Anda mungkin memerlukan waktu lebih lama di bagian mengedit ini,. Namun, itu tidak masalah karena Anda sudah menulis jumlah kata yang Anda inginkan. Sisanya sedang Anda perbaiki sehingga tulisan Anda lebih baik.

Dengan menerapkan kedua teknik di atas, Anda akan lebih produktif dan cepat dalam menulis. Dengan demikian, Anda akan punya waktu lebih untuk mengerjakan hal lain, tidak hanya menulis saja.

Apakah Anda sudah pernah menerapkan cara menulis tanpa mengedit sebelumnya? Silakan bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah ini. 

KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini