Beranda ARTIKEL BERITA BETA AMNUBAN – Uniknya Dialek Sengau Amnuban (BANGET)

BETA AMNUBAN – Uniknya Dialek Sengau Amnuban (BANGET)

0

Judulnya agak gimana gitu….hehe..perlu digaris bawahi bahwasannya, apa yang dicoretkan disini tidaklah bermaksud mengejek-ejek dan sejenisnya. Segala yang dikisahkan disini adalah semata-mata ingin berbagi ceritera. Sekali lagi tidak bermaksud merendahkan pihak tertentu dan sebagainya, dan sebagainya.

Bagaimana mau mengejek, saya sendiri lahir, dan dibesarkan di Kecamatan AMANUBAN…tepatnya di Amnuban Timur dulunya. Kini telah dimekarkan dan tempat kelahiran saya masuk dalam wilayah Kecamatan FATUKOPA.

Kecamatan Amanuban dibagi dalam beberapa bagian sesuai letak geografisnya. Amanuban Tengah beribukotakan Niki-niki (nak-niki, begitulah saya dan beberapa orang Amnuban menyebutnya), Amanuban Timur, Beribukotakan OEEKAM (Mnela Anen), Amanuban Selatan dengan pusatnya di Panite, Amanuban Barat dengan Ibukotanya di Neonmat. Masing-masing dengan budaya dan istiadatnya sendiri-sendiri. Namun secara umum, memiliki boleh dikatakan memiliki kesamaan. Kesamaan itu nampak pada logat / dialek bicaranya.

Disini saya tidak melihat lebih dalam sampai ke budaya dan istiadat dan lain sebagainya. Saya fokus pada logat atau dialek dan penekanan Orang AMNUBAN ketika berbicara. Ini menjadi sebuah ciri khas yang membedakan Anak Amnuban dengan Sesama Orang SO’E Lainnya.
Kita sama-sama dari SO’E. Tetapi ketika berbicara, Anak Amnuban akan langsung dikenal. Dari Mana? Dari Logatnya yang SENGAU.

Sengau menurut kamus besar bahasa Indonesia :

sengau /se┬Ěngau / 1 a berhubungan dengan suara yang diucapkan dengan bunyi melalui hidung: suaranya — seperti orang sedang influenza; 2 n Ling nasal;

Kesengauan inilah yang menjadi pembeda bagi anak Amnuban pada umumnya. Ketika berkomunikasi dengan Anak Amnuban, anda bisa langsung tau…dari kesengauannya yang unik, yang mungkin saja tak ada dialek bahasa lain di muka bumi ini yang sama persis…(kalau pun ada mohon dikoreksi ya..heheheh…..) katanya nun jauh di Benua Amerika Sana ada juga yang punya dialek sengau…akan tetapi saya belum juga sampai kesana untuk memastikan….menurut beberapa sumber bilang kalau itu adanya di negaranya Om Neymar JR…(Brazil)

oke..kita kembali ke Amnuban…

Dialek itu akan kentara sekali ketika Anak Amnuban membunyikan kata-kata dengan huruf “A”…Terutama jika huruf “A” ini berada pada huruf pertama sebuah kata….misalnya “ANJING”, “AMBIL”, “AMPUN” …pokoknya terkadang logat / dialek anak Amnuban itu seperti bersenandung ria..dengan mengombinasikan nda Mi dan Do……

Okey…itulah sekilas tentang Amnuban Banget…Saya mencoba mengisahkannya.. Berikutnya saya akan bahas tentang kata-kata yang disengaukan dalam logat AMNUBAN. Doakan saya agar lebih banyak mengkaji tentang AMNUBAN….

SALAM MANIS….BETA AMNUBAN



KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini