Beranda ARTIKEL BERITA Aneka Tarian & Kuliner Nusantara Dalam Ujian Praktik SMAN 1 Fatuleu

Aneka Tarian & Kuliner Nusantara Dalam Ujian Praktik SMAN 1 Fatuleu

0
Beraneka ragam tarian nusantara, dipentaskan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Fatuleu di Oelmasi, Desa Kuimasi, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang. Jenis-jenis tarian itu, menurut salah seorang siswa, bahwasannya, mereka, ada yang berlatih dengan menjadikan guru sebagai sumber, dan ada pula yang memanfaatkan media YouTube sebagai referensi.
Pelaksanaan pementasan tarian-tarian daerah di Nusantara itu, merupakan salah satu kewajiban yang harus dipraktekan oleh seluruh siswa kelas 12 di sekolah tersebut yang diselenggarakan selama dua hari mulai 22 s/d 23 Februari 2019 bertempat di halaman depan SMAN 1 Fatuleu.
Selain tari-tarian, ada juga aneka masakan yang dipraktikkan menjelang ujian akhir oleh siswa-siswi disana, secara berkelompok siswa-siswi SMAN 1 Fatuleu, melakukan demo memasak masakan nusantara.

matatimor yang turut hadir dengan kamera untuk merekam video, ikut menyaksikan pementasan yang dilakukan oleh anak-anak tersebut. Antusiasme siswa-siswi dalam kegiatan tersebut cukup tinggi. Mereka bahkan mempersiapkan diri jauh-jauh dari tahun 2018 silam. Ada siswa yang melibatkan orang tua untuk memainkan musik. Untuk Persiapan tarian, matatimor pernah diminta oleh beberapa siswa untuk memberi ide tarian bagi mereka. (oh no! matatimor tidak bisa menari..he he he)…..
Tari-tarian yang ditampilkan diantaranya : dari Ujung Indonesia : dari Aceh, Pulau Nias, dari Kalimantan, Sumatera, Tanah Toraja, Maluku, Nusa Tenggara Timur (Flobamora), Ambon, dan dari Pulau Mutiara Hitam Papua.
Pementasan ini, patut diapresiasi, apapun itu, siswa-siswi disana telah turut melestarikan kebudayaan nusantara yang beraneka ragam.
Tidak saja pementasan tarian yang merupakan bagian dari Pelajaran Seni Budaya, tetapi praktik juga dilakukan untuk beberapa mata pelajaran diantaranya, Memasak (kuliner nusantara) untuk Mata Pelajaran Prakarya dan Wirausaha, Praktik Kimia di laboratorium, Penjas, dan juga praktik Agama.

untuk video tarian bisa klik youtube :  https://www.youtube.com/channel/UCPVZLEga-lW7NDvTQ2WJeNg

dan ini Foto-fotonya ;

KOMENTAR ANDA

0 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini